Judul/Bab : User Interface pada Game Komputer (TULISAN)
Nama : Bemby Aditya P
NPM : 52414125
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Softskill - Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
User Interface
Sebuah Desain Interface/antarmuka pada suatu Game
mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Untuk itu kali ini saya akan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan
Desain Interface pada game.
Sebelum memasuki pembahasan berikutnya kita perlu mengetahui apa itu HUD. HUD adalah
singkatan dari Heads-Up Display dan biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health
Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk
memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Beberapa elemen user Interface yaitu:
A. Non-diegetic: Desain
Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu
sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga
seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh: Elemen HUD,
kursor mouse, mini map, skills, dll.
B. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan
game yaitu yang dapat dilihat dan
didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka
diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic
seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll.
C. Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang
permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang
sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
D. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun
tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas
adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk
menunjukkan kerusakan. Contoh: Resident Evil, ketika player hampir mati.
Grapich Scene
Pengertian Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga
user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D.
Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi).
Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan
dan sebagainya yang dibuat agar
seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya
bisa bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render
secara 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan
pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric
projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
· 3 Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan
sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh,
permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan
menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
· 2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai
texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk
nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Referensi :
https://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html
http://lutfiantotriatmojo.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar