Judul/Bab : Bab 5 (TULISAN)
Nama : Bemby Aditya P
NPM : 52414125
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Softskill - Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
Contoh Kasus Efek Positif dari Game :
Positif ketika sebuah game dapat meraup penghasilan, baik berupa hasil karya dalam membuat game
ataupun ikut dalam sebuah pertandingan sebuah game. Banyak kasus yang telah terjadi, seperti pada game
Dota 2, PointBlank dan yang lainnya. Dimana pada game tersebut terdapat sebuah turnamen yang dapat menghasilkan
uang bila membuat satu timnya juara baik peringkat 1 hingga 3.
Dampak positif :
1. Berpikir Kritis
Video game membuat seseorang berfikir lebih cepat
dan mampu memahami masalah agar nantinya mampu mencapai tujuan
inti game tersebut. Dengan pemahaman berfikir mereka
tersebut biasanya akan lebih mudah bagi mereka untuk
mempraktekannya di dunia nyata. Mereka akan berfikir lebih
kritis dan mampu memahami perkara di sekitarnya.
2. Pengembangan Sosial
Banyak orang berfikir bahwa bermain video game
menutup interaksi sosial mereka dengan orang - orang sekitar. Memang hal
itu benar, namun juga dalam prakteknya video game itu
sendiri memiliki sistem online yang artinya mereka
bermain dengan orang
dari berbagai tempat di seluruh dunia. Hal ini akan menambah koneksi pertemanan
mereka dengan orang lain.
3. Pendidikan
Orang kebanyakan berfikir bahwa video game itu
sama sekali tidak mendidik, namun tidak semua game seperti itu.
Banyak video game yang mengusung tema praktek pendidikan
dalam permainannya. Selain itu banyak pula cerita dalam
video game yang menyangkut dengan sejarah dunia, lingkungan politik, dan bahkan
ekonomi dunia.
4. Pelepas Stres
Setelah beraktifitas yang penuh dengan tuntutan
fisik dan pikiran, video game dapat dijadikan sebagai pelepas lelah dan stres.
Dengan bermain video game, otak manusia dapat melegakan
pikirannya sehingga tidak tegang dan mampu menjadi hiburan
yang menyenangkan pula bagi otak.
Contoh
Kasus Efek Negatif pada Game : Remaja Rusia Tewas Akibat Bermain Game 22
Hari Tanpa Henti
Rustam (17thn) Seorang remaja asal Rusia kecanduan
bermain game tanpa henti kecuali untuk makan dan tidur. Namun, dalam satu
setengah tahun terakhir, Rustam setidakna telah bermain selama 2000 jam. Jadwal
harian Rustam rata-rata memainkan game selama 6,5 jam. Dan kecanduan itu
semakin meningkat hingga dia bermain nyaris tanpa henti selama 22 hari yang
berujung kematiannya. Penyebab kematian Rustam dikarenakan pembekuan darah yan
terjadi pada orang yang mengalami patah tulang
Dampak negatifnya :
· Melakukan Kekerasan
Dengan
bermain game yang ada unsur kekerasannya khususnya untuk anak - anak akan
mempengaruhi pikiran mereka, dan akan bertindak sesuai apa
yang mereka mainkan dalam video game. Tidak jarang terjadi kekerasan karena
faktor video game bahkan dalam contoh ektsrem nya ada pula kasus pembunuhan
karena video game.
· Ketagihan
Seseorang
yang bermain video game biasanya lambat laun akan merasa ketagihan. Video game
memang memiliki sifat adiktif apabila si pemain belum dapat
secara dewasa menahan emosi dan hawa nafsunya untuk bermain video game. Jika
sudah ketagihan akan sulit bagi sesorang untuk berhenti
bermain. Bahkan tak jarang kita dengar kasus kematian karena bermain game.
· Isolasi Sosial
Sesorang
yang terus menerus bermain video game, biasanya bersikapa cuek pada dunia
sekitarnya lama kelamaan ia justru menjauhi diri dari dunia
sekitar dan lebih memilih terus menerus memainkan video game tanpa
berkomunikasi lagi karena menganggap diri sendiri berbeda
dari orang lain. Biasanya jika sudah begini ia pun mulai melupakan perannya
dalam dunia nyata seperti pekerjaan, dan sekolahnya.
· Membuat Stres
Bagaikan
pisau bermata dua video game ini memang terkadang menjadi pelepas stres namun
tidak jarang juga terjadi yang sebaliknya. Para pemain video
game terkadang dilanda stres karena kegagalan dalam menyelesaiakan tingkatan
permainan pada video game tersebut. Stres ini semakin
bertambah parah jika terjadi kegagalan - kegagalan berikutnya.
Sumber :
http://i-niblog.blogspot.co.id/2017/04/contoh-kasus-efek-positif-dan-negatif.html
http://www.kompasiana.com/martinhn/dampak-dampak-positif-dan-negatif-dari-bermain-video-game_55f69fe8957a618109258af6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar