WEB CONTENT - RDF Pada Halaman Web


WEB ANNOTATION



ABSTRAK


 Web content merupakan sesuatu mendasar yang harus ada dalam sebuah web. Web content biasanya berupa teks, visual, gambar, ataupun media lain. Dalam pembuatan web content kita dapat menggunakan media sebagai wadah penyajian informasi. Standar dalam sebuah web merupakan sebuah istilah formal mengenai aspek dari World Wide Web. Beragam bahasa dan ciri - ciri yang digunakan dalam menyampaikan informasi dengan wadah web. Untuk membantu pembaca dalam menambahkan atau mengkritik , sebuah web harus didukung dengan yang namanya "Web Annotation", dengan menggunakan RDF,XML,XPointer.

PENDAHULUAN


 Web content merupakan sebuah isi dari halaman web, yang biasanya berupa teks ataupun visual. Konten yang berkualitas adalah ungkapan yang sangat umum digunakan untuk menggambarkan konten yang tidak difokuskan untuk meningkatkan budaya clickbait melainkan untuk membantu orang-orang yang melewatinya. Web conten haruslah dapat menarik para pembaca, baik tampilan maupun isi dari halaman web. Kita dapat menggunakan annotation yang merupakan gabungan dari beberapa tampilan, seperti Tagging yang berguna untuk menyusun sebuah situs berdasarkan Tag.

MATERI


Media dan Standar


 Media merupakan suatu tempat atau wadah untuk menampung sebuah informasi yang akan disajikan. Media digunakan sebagai bahan komunikasi yang berbentuk antara lain Visiual Audio. Visual Audio digunakan untuk menyampaikan informasi berupa sesuatu yang dapat dilihat, didengar, dibaca, dan dapat dimanipulasi.

 Standar merupakan suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses. Sedangkan standar web merupakan suatu istilah untuk formal standar yang mendefinisikan aspek aspek dari World Wide Web. Standar web dalam arti luas terdiri dari :

  1. Rekomendasi yang diterbitkan oleh World Wide Web Consurtium W3C
  2. Iternet Standar yang di diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force
  3. Nama dan nomor pendaftar dipelihara oleh Internet Assigned Numbers Authority
  4. Standar yang diterbitkan oleh Ecma International

Bahasa dan keberagaman budaya


 Bahasa yang digunakan beragam, tergantung darimana asal kita berada. Untuk bahasa lebih baik menggunakan bahasa International, apabila Web kita berisi tentang hal-hal Global, bukan hanya dalam Negara sendiri. Kita juga bisa menambahkan widget atau semacam tool untuk mengubah bahasa yang digunakan dalam web kita.

 Keberagaman budaya merupakan sebuah tingkah laku, ciri, atau kebiasaan seseorang yang terbentuk dari lingkungan atau daerah dimana seseorang berasal. Dalam web content sendiri, setiap orang memiliki ciri tersendiri dalam menyajikan sebuah informasi via online(website).

Model Generative


 Web content model generatif digunakan untuk menyajikan data yang dapat diobservasi nantinya. Model generatif digunakan untuk pemodelan data secara langsung yaitu , pengamatan pemodelan menarik dari fungsi kepadatan probabilitas atau sebagai langkah menengan untuk membentuk fungsi kepadatan.

Model Retorika


 Retorika berarti mempunya keinginan untuk berbicara baik secara umum maupun khusus dengan tujuan  untuk memberikan informasi data atau memberikan informasi.

Web Annotations

  Web annotation merupakan sebuah penelasan online terkait dengan sumber daya web, biasanya halaman web. Dengan sistem web annotation, pengguna dapat menambah, mengubah, atau menghapus informasi dari sumber daya web tanpa memodifikasi sumber daya itu sendiri. Anotasi dianggap sebagai lapisan di atas sumber daya yang ada, lapisan penjelasan ini biasanya terlihat oleh pengguna lain yang berbagi sistem annotation yang sama.

  Anotasi web dapat digunakan untuk tujuan :
  1. Untuk menilai sumber daya web.
  2. Untuk meningkatkan atau menyesuaikan isi
  3. Sebagai kolaborasi alat, misalnya untuk membahas isi dari sumber daya
  4. Sebagai media kritik seni atau sosial
  5. untuk mengukur hubungan sementara antara fragmen informasi.

REVIEW JURNAL


  Implementasi RDF untuk anotasi halaman web.

   Dokumen web merupakan sebuah file yang digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan informasi melalui internet. Anotasi digunakan apabila dalam sebuah artikel ada user yang ingin memberikan keterangan atau catatan singkat sehingga setiap user dapat berdiskusi satu sama lain. Dengan menggunakan format bahasa RDF yang di desain untuk merepresentasikan informasi tentang metadata mengenai suatu dokumen web. Rdf mendukung sintatk berbasis XML biasa disebut RDF/XML serialization syntax. XML digunakan sebagai kerangka international untuk pertukaran data melalui internet. Bahan lain yang digunakan adalah XPointer, yang merupakan metode standar W3C untuk menandai atau menunjuk ke bagian dokumen yang dimaksud dalam link ke dokumen XML.

  Perancangan sistem tediri dari

  • Highlight 
  • Insert Annotation
  • Save and Load Annotation
  • Show Annotation
  • Show Graph


KESIMPULAN


  Apabila kita sudah memiliki domain untuk sebuah web, kita dapat menggunakan wadah ini untuk membuat web dengan content yang bermanfaat dan dapat menarik banyak pembaca dengan tujuan utama adalah menyajikan informasi ataupun data. Kita dapat menyajikan sebuah informasi berupa teks, video, suara, gambar ataupun yang lainnya yang dapat kita dengar, lihat, manipulasi ataupun kita baca. Setiap web content memiliki ciri tampilan ataupun gaya bahasa yang berbeda beda, semua tergantung pada sang penulis.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar